diposkan pada : 18-10-2023 10:23:41

Asal Usul Hajar Aswad

Hajar Aswad adalah sebuah batu berwarna kehitaman yang sangat dimuliakan umat Islam. Istilah Hajar Aswad berasal dari dua kata, yakni hajar yang artinya batu, dan aswad yang berarti hitam. Dengan begitu, secara bahasa Hajar Aswad berarti batu hitam.  Letak batu ini berada di salah satu sudut Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah, dan memegang peran penting dalam ritual haji maupun umrah umat Islam.

Bagaimana asal usul Hajar Aswad? 

Mengenai asal-usul Hajar Aswad diceritakan dalam beberapa riwayat terkait pembangunan Ka'bah oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Hadis Rasulullah SAW. yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi menyatakan bahwa Hajar Aswad adalah batu dari batu-batuan surga. Batu ini sengaja dibawa oleh Malaikat Jibril dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim yang sedang menjalankan pembangunan Ka'bah atas perintah Allah.

Kenapa Hajar Aswad berwarna Hitam? 

Diameter Hajar Aswad diperkirakan sepanjang 30 sentimeter dan terletak 1,5 meter di atas tanah. Sejak diletakkan pertama kali di Ka'bah pada masa Nabi Ibrahim, Hajar Aswad telah mengalami serangkaian peristiwa, bahkan pernah dicuri. Serangkaian peristiwa yang menimpa Hajar Aswad membuat kondisinya pecah menjadi beberapa bagian. Kini, batu Hajar Aswad yang berwarna hitam kemerah-merahan, dibingkai dengan perak putih. Bingkai perak putih itu menjaga Hajar Aswad tetap utuh karena telah pecah akibat beberapa peristiwa yang pernah dialaminya, serta memudahkan para jemaah yang beribadah untuk menciumnya.

Menurut sejumlah riwayat, Hajar Aswad mulanya berwarna putih seputih susu. Hajar Aswad mengalami perubahan dari putih menjadi hitam akibat dosa-dosa yang diperbuat keturunan Nabi Adam. Hal itu sesuai hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan Ibnu Abbas, bahwa "Hajar Aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam."

Hajar Aswad merupakan batu yang sangat dimuliakan, bahkan Rasulullah mengajarkan untuk mencium dan mengusapnya. Riwayat lain menyebut Hajar Aswad adalah tangan kanan Allah di muka bumi, di mana Allah menjabat tangan para hambanya. Oleh karena itu, Hajar Aswad mempunyai makna penting bagi ibadah umrah dan haji. Batu ini dijadikan titik awal dan akhir pelaksanaan tawaf atau ritual mengelilingi Ka'bah tujuh putar dengan arah melawan jarum jam, yang dilakukan oleh umat Islam di dunia ketika beribadah ke Masjidil Haram.

 

Semoga bermanfaat

 

Umrah Akhir Tahun 2023

Posting by Admin

Umrah Akhir Tahun 2023

Sambut akhir tahun dengan keberkahan! Bergabunglah dalam perjalanan spiritual Umrah akhir tahun 2023 bersama kami."   Libur akhir tahun akan segera tiba, inilah waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umroh sambil mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota Madinah dan juga di Mekkah. Pada saat Anda menunaikan ibadah umroh maka And



377 Kali