diposkan pada : 18-10-2023 11:12:24

Keutamaan Melaksanakan Shalat di Masjid Nabawi 

Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi di dunia selain Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa. Masjid Nabawi yang megah selalu dipadati oleh jemaah baik di musim haji maupun bukan musim haji. Banyak muslim yang berbondong-bondong mendirikan sholat di Masjid Nabawi karena memiliki banyak keutamaaan. Selain itu, melakukan kegiatan di masjid juga merupakan amalan yang dianjurkan. 

Keutamaan melaksanakan sholat di Masjid Nabawi dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya.

Berikut ini adalah keutamaan (fadilah) melaksanakan sholat di Masjid Nabawi sebagaimana dirangkum dari buku Tapak Sejarah Seputar Mekah-Madinah yang disusun oleh Muslim H. Nasution. Seribu Kali Lebih Baik dibandingkan sholat di tempat lain.  Keutamaan tersebut dilandasi oleh hadits Nabi SAW yang berbunyi:

صلاة في مسجدي أفضل من ألف صلاة فيما سواه من المساجد إلا مسجد مكة

 Artinya : "Satu sholat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih afdal seribu kali daripada sholat di tempat lain, kecuali di Masjidil Haram." (Muttafaq 'alaih). 

Hal tersebut menunjukkan bahwa keutamaan satu sholat di Masjid Nabawi sama dengan melaksanakan sholat fardhu selama enam bulan di tempat lain. Tentu menjadi hal yang sangat disayangkan apabila disia-siakan oleh peziarah yang datang ke Madinah dalam rangka menunaikan ibadah haji atau umrah. Walaupun hadits tersebut hanya menjelaskan tentang sholat, tidak menutup kemungkinan ibadah-ibadah dan amalan-amalan lainnya juga dapat dianalogikan dengan sholat. Seperti misalnya membaca Al-Qur'an, berzikir, membaca sholawat, berdoa, i'tikaf, dan lain sebagainya.

Di samping itu, alim ulama berpendapat bahwa kelebihan nilai itu pada pahalanya sehingga tidak boleh dianggap kelebihan itu menggantikan sholat yang lain, yakni bukan berarti setelah sholat sekian kali di Masjid Nabawi lantas tidak perlu sholat lagi karena dianggap jumlahnya telah cukup menutupi kewajiban.

Demikian keutamaan melaksanakan sholat di Masjid Nabawi, masjid bersejarah yang dibangun langsung oleh Baginda Rasulullah SAW dan menjadi salah satu pusat pengembangan agama Islam pada zamannya.


 Semoga bermanfaat

 

Umrah Februari 2024

Posting by Admin

Umrah Februari 2024

Khazzanah Tours and Travel adalah mitra terpercaya dalam perjalanan Umrah Anda, menyediakan layanan terbaik dalam mengatur perjalanan spiritual ke tanah suci, dengan komitmen pada pelayanan dan kenyamanan jamaah. Dengan pengalaman bertahun-tahun, Khazzanah Tours and Travel adalah pilihan terbaik untuk para jamaah yang mencari pengaturan perjalanan Umrah yang terperinci, termas



383 Kali