diposkan pada : 18-10-2023 11:42:05

Kemuliaan Raudhah

Mengutip buku Mengais Berkah di Bumi Sang Rasul yang disusun oleh Ahmad Hawassy, Allah memuliakan suatu tempat dari tempat lainnya sesuai dengan kehendak-Nya. Hal tersebut menandakan kekuasaan absolut Allah akan manusia. Salah satu tempat yang dimuliakan tersebut dikenal dengan Raudhah, sebuah tempat seluas sekitar 330 M persegi yang tidak pernah dilewatkan oleh setiap jemaah haji atau umrah yang berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Raudhah secara bahasa berarti kebun atau taman. Raudhah diberi julukan sebagai 'salah satu taman surga' menurut para ulama.  Sebutan tersebut menandakan betapa istimewanya Masjid Nabawi..

Beberapa amalan di Raudhah

Setelah memahami makna Raudhah, berikutnya akan dijelaskan beberapa amalan Raudhah di Masjid Nabawi. Seperti disebutkan, bukan hanya berkunjung, umat muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah saat mengunjungi Raudhah Masjid Nabawi. Beberapa amalan yang bisa dilakukan jemaah haji maupun umrah, seperti memanjatkan doa, membaca zikir, membaca Al-Qur’an, melakukan salat sunah atau salat wajib di samping makam Rasulullah. Meski begitu, perjuangan untuk beribadah saat berkunjung ke Raudhah Masjid Nabawi juga tidak mudah. Anda harus mengantri hingga berdesakan untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Bagaimana cara agar salat, wirid, doa, dan baca Al-Qur’an bisa terlaksana dengan baik di Raudhah. Dalam hal ini, dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah tahiyyatul masjid disertai dengan bacaan niat : Ushallī sunnata tahiyyatil masjidi rak‘ataini adā’an lillāhi ta‘ālā. Selanjutnya amalkan zikir dan doa secukupnya, mengingat terbatasnya waktu. Anda.  Anda bisa membaca doa sapu jagat atau doa pendek lainnya, lalu ke luar dari area Raudhah dan menuju malam Rasulullah sambil membaca doa salam dan selawat. Berikutnya, Anda bisa melaksanakan salat sunah mutlak, membaca Al-Qur’an, zikir, dan doa sepuasnya di dalam Masjid Nabawi.

Keutamaan Raudhah di Masjid Nabawi

Setelah mengetahui beberapa amalan  di Raudhah Masjid Nabawi, terakhir akan dijelaskan keutamaan dari kunjungan Raudhah dalam Islam. Seperti dijelaskan, Raudhah adalah taman indah yang mulia, terletak di antara makam Rasulullah SAW dan mimbar tempatnya berkhotbah semasa hidup. Dianjurkan bagi umat Muslim untuk berkunjung ke Raudhah di Masjid Nabawi ini guna memperbanyak salat dan doa. Sebab ini adalah tempat mulia yang dicintai Allah, sehingga siapa saja yang banyak berdoa di tempat ini akan diijabah. Selain itu, dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Mimbarku ini berada di atas telagaku.” (Hadist Riwayat Imam Bukhari dan Muslim). Dari hadist tersebut dijelaskan, bahwa siapa saja yang berdoa di tempat mimbar Nabi Muhammad SAW, maka kelak di hari kiamat akan mendapat syafaat dan akan minum air dari telaga Rasul.

Dengan begitu, jika Anda berkunjung ke Tanah Suci untuk haji maupun umrah, sempatkan diri untuk berkunjung ke Raudhah di Masjid Nabawi. Lakukan berbagai amalan yang dianjurkan. Meski tidak mudah, namun setiap jemaah akan selalu mendapatkan kemudahan dari Allah jika berniat baik dalam beribadah.

 

Semoga bermanfaat

 

 

 

Umrah Akhir Tahun 2023

Posting by Admin

Umrah Akhir Tahun 2023

Momen berharga di akhir tahun! Jadilah bagian dari perjalanan suci kami ke Tanah Suci dalam liburan akhir tahun." Libur akhir tahun akan segera tiba, inilah waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umroh sambil mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota Madinah dan juga di Mekkah. Pada saat Anda menunaikan ibadah u



1372 Kali